Senin, 19 Maret 2012

Guru Berkarakter Kuat dan Cerdas dalam Pendidikan Anak Usia Dini



Tugas seorang guru sangatlah mulia. Mulai dari guru PAUD/TK, SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi atau biasa yg disebut dosen. Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang belajar dan mengajarkan ilmu yang telah di dapatnya kepada orang lain. Mengajar adalah tugas dari seorang guru. Guru memberikan pengetahuan kepada peserta didik, mendidik dan membimbing sampai peserta didik benar-benar memahami.
Guru mempunyai tiga tugas pokok yaitu tugas profesional, tugas manusiawi, dan tugas kemasyarakatan. Tugas tugas profesional dari seorang guru yaitu meneruskan atau mentransfer ilmu pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai lain yang sejenis yang belum diketahui peserta didik dan seharusnya diketahui oleh peserta didik. Tugas manusiawi adalah tugas-tugas membantu peserta didik agar dapat memenuhi tugas-tugas utama dan manusia kelak dengan sebaik-baiknya. Tugas-tugas manusiawi itu adalah  identifikasi diri sendiri dan pengertian tentang diri sendiri. Guru seharusnya dengan pendidikan mampu membantu anak didik untuk mengembangkan daya pikir atau penalaran sedemikian  rupa sehingga mampu untuk turut secara kreatif dalam proses tranformasi kebudayaan ke arah keadaban demi perbaikan hidupnya sendiri dan kehidupan seluruh masyarakat di mana dia hidup. Tugas kemasyarakatan merupakan konsekuensi guru sebagai warga negara yang baik, turut mengemban dan melaksanakan Pancasila dan UUD 1945
Guru sejatinya bukan sembarang pekerjaan, melainkan profesi yang pelakunya memerlukan berbagai kelebihan, baik terkait dengan kepribadian, akhlak, spiritual, pengetahuan dan keterampilan. Peran guru bukan sekadar mentransfer pelajaran kepada peserta didik. Tapi lebih dari itu guru bertanggungjawab membentuk karakter peserta didik sehingga menjadi generasi yang cerdas, saleh, dan terampil dalam menjalani kehidupannya..
Merujuk pada UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, seorang guru harus memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian/personal, dan sosial. Dari keempat kompetensi tersebut aspek yang paling mendasar untuk menjadi seorang guru yang berkarakter dan layak diteladani adalah aspek kepribadian (personalitas). Karena aspek kepribadian  inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya komitmen diri, dedikasi, kepedulian, dan kemauan kuat untuk terus berbuat yang terbaik dalam  kiprahnya di dunia pendidikan. Seorang guru harus memiliki kematangan, baik intelektual maupun emosional. Kematangan ini terlihat dari kemampuan bernalar dan bertutur memberi contoh dan sikap yang baik, mengerti perkembangan anak dengan segala persoalannya, kreatif, inovatif, menguasai materi dan banyak metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan, situasi dan intelegensi peserta didik.
Sebagai mahasiswa calon guru PAUD saya akan membahas sedikit mengenai pendidikan anak usia dini. Pengertian PAUD menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas)  Nomor 20 tahun 2003, adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rokhani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Pendidikan anak usia dini sangat penting karena usia dini adalah usia emas seorang anak, karena masa inilah seluruh informasi dapat diserap dengan  mudah dan cepat oleh anak melalui seluruh panca indranya. Sebagai analoginya bahwa anak ibarat spons (karet busa) yang mampu menyerap air tanpa peduli apakah air itu bersih atau kotor, oleh karena itu masa ini sering disebut dengan masa kritis untuk memperkenalkan dan menanamkan segala hal yang positif dan berguna bagi perkembangan anak dimasa selanjutnya.Oleh karena itu tugas utama dari seorang guru disekolah untuk menyediakan berbagai pengalaman belajar yang menantang anak untuk terus bereksplorasi. Pendekatan pembelajaran terpadu dinilai sesuai untuk digunakan pada anak usia TK karena karakteristik usia TK adalah senang bermain dan dengan bermain mereka belajar. Dengan pembelajaran terpadu anak diajak untuk bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain
Guru memiliki tanggung jawab besar dalam menghasilkan generasi yang berkarakter, berbudaya, dan bermoral. Harapan  saya kuliah di PG-PAUD  yaitu  apabila lulus nanti bisa mengembangkan  diri sebagai guru anak usia dini yang profesional yakni senantiasa menunjukan kerja yang bagus dan baik, memahami dan mampu mengembangkan perlakuan terhadap anak usia dini, mampu berkomunikasi dan bekerja sama agar bisa memanfaatkan segala sumber yang ada di lingkungan dan masyarakat, melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan anak usia dini. ^_^

1 komentar:

  1. masyaallah, mulia sekali. dan tulisan ini menarik sekali.....saya sedang baca2 aja untuk nambah inspirasi. dari tadi saya dapatkan bacaan blog penuh dengan makalah tugas kuliah.. salam kenal.

    BalasHapus